Wawasan Kebangsaan Guna Meningkatkan Ketahanan Nasional

Wawasan Kebangsaan Guna Meningkatkan Ketahanan Nasional

Selain itu, mempelajari hukum waris menurut KUHPerdata, asas-asas hukum waris, penggolongan ahli waris, kedudukan ahli waris anak sah dan anak luar kawin, pembagian dan penghitungan waris berdasarkan undang-undang dan wasiat, bagian mutlak dari ahli waris, sikap ahli waris, dan Balai Harta Peninggalan. Kompetensi lulusan Program Studi Ilmu Pemerintahan yakni menjadi pelaku pemerintahan, pendidik pemerintahan, peneliti pemerintahan, analisis politik dan pemilu, konsultan pemerintahan, pelaku partai politik, pelaku KPU, pelaku pemerintahan daerah, pelaku LSM, pelaku desa, pengambil keputusan di desa dan fasilitator desa. Kebijakan fiskal berhubungan erat dengan kegiatan pemerintah sebagai pelaku sektor publik. Kebijakan fiskal dalam penerimaan pemerintah dianggap sebagai suatu cara untuk mengatur mobilisasi dana domestik, dengan instrumen utamanya perpajakan.

Jika sudah peka dengan kondisi negara, maka kamu seharusnya punya motivasi untuk menjadi solusi permasalahan bangsa meski hanya kecil saja peranmu. Kalau sudah peka dengan kondisi negara, maka kamu seharusnya punya motivasi untuk menjadi solusi permasalahan bangsa bahkan sekecil apapun peranmu.

Selain itu banyak politikus yang terjerumus kedalam prilaku-prilaku yang tidak terpuji menyangkut harta negara , baik ditataran eksekutif, legislatif bahkan yudikatif. Hal ini menyebabkan timbulnya sikap apatisme di masyarakat, sehingga mereka terjatuh kedalam jurang kehidupan yang pragmatis, hedonis, malas, bahkan banyak pula yang dijadikan sebagai masa bayaran untuk menjatuhkan salah satu kubu lawan politik. Padahal sejatinya dalam kehidupan politik memerlukan pemikiran yang cerdas serta kerja keras, bukan hanya asal gilas. Program ini mempersiapkan mahasiswa untuk mencapai karir pada bidang pelayanan diplomatik, intelijen dan keamanan, organisasi antarpemerintah, perusahaan multinasional, advokasi politik, dan bisnis internasional.

Mempelajari politik Indonesia

Layaknya gula yang sedang di kelilingi semut, seperti itulah media yang memberitakan kondisi politik di Indonesia. Hampir disetiap stasiun Televisi maupun surat kabar pasti dipenuhi dengan berita-berita politik terkini yang begitu hot. Namun kondisi politik yang terjadi justru saling mempertontonkan perebutan kekuasaan secara tidak sehat. Janji – janji yang dulu di buat justru dilupakan seiring dengan kursi kekuasaan yang telah diperoleh seolah tidak menerima dengan kemenangan dan popularitas sang rival, maka berusaha mencari kesalahan untuk dapat menggulingkan. Tujuan utama mempelajari Ekonomi Politik Internasional untuk memahami sistem interaksi ekonomi, dan efek yang dimiliki interaksi ekonomi terhadap struktur politik.

379E333Lingkungan Hidup dalam HI3 sksMatakuliah ini membahas salah satu isu kontemporer dalam ilmu Hubungan Internasional yakni mengenai lingkungan hidup. Melalui matakuliah ini diharapkan mahasiswa mendapatkan pemahaman konprehensif mengenai hal ini mulai dari level world hingga degree sub negara. Begitu pula halnya pemahaman mengenai ketertibatan aktor nonnegara dalam gerakan gerakan perlindungan lingkungan hidup international. Diharapkan pengetahuan dan pemahaman mengenai lingkungan hidup dalam hubungan internasional akan membantu mahasiswa sekiranya nantinya akan terlibat dalam bidang pekerjaan yang bergerak dibidang isu-isu lingkungan hidup. Modernisasi politik merupakan suatu keniscayaan sebagai upaya untuk mewujudkan negara fashionable yang menerapkan sistem demokrasi yang lebih substantif.

Comments are closed.