Sawit Berikan Peluang Petani Merambah Bisnis Bengkel Motor

Sawit Berikan Peluang Petani Merambah Bisnis Bengkel Motor

Motor juga sering difungsikan untuk penggerak ekonomi masyarakat seperti menjadi ojek on-line yang saat ini lagi trend dan juga aktivitas ekonomi lainnya, jadi tidak hanya sekedar alat transportasi saja. Jika omset yang didapatkan bagus dan tinggi jangan lupa harus dibarengi dengan laba/keuntungan yang seimbang ya. Agar bisnis bengkel Anda semakin berkembang kearah yang lebih baik.

Keaslian suku cadang kerap kali membuat konsumen serta pelanggan ragu. Dapat menentukan sendiri kualitas layanan hingga sparepart yang dipasarkan. Berdasarkan himpunan information dari Badan Pusat Statistik , yang disunting di awal Januari 2020 lalu, hingga tahun 2018 jumlah sepeda motor di Indonesia sebanyak 137,7 juta unit.

Ini dilakukan agar jangan sampai terjadi usaha bengkel motor sobat mengalami kerugian atau bangkrut di pertengahan jalan. Dalam menjalankan bisnis bengkel motor yang menguntungkan diperlukan beberapa strategi dan persiapan khusus. Jadi sebagai investor harus mempunyai visi dan misi untuk berebut pelanggan dengan kompetitor pada saat menjalankan usaha bengkel sepeda motor tersebut. Pelatihan yang diberikan adalah pelatihan perawatan ringan sepeda motor, pelatihan perawatan dan perbaikan sepeda motor dan pemberian peralatan normal minimum yang dibutuhkan untuk operasional bengkel. Metode yang digunakan dalam program pengabdian kepada masyarakat ini berupa pengumpulan information dan informasi tentang calon mitra melalui survey dan wawancara kepada kepala Desa Dolok Sagala dan pemuda karang taruna.

Usaha bengkel

Dengan memanfaatkan promo ini, Anda menjadi lebih banyak memiliki keuntungan. Misalnya saja dengan menggunakan aplikasi kasir berbasis cloud seperti Moka POS. Anda bisa memantau transaksi dan stok barang dari jauh. Tentu saja, teknologi semacam itu sangat berguna terutama jika Anda bukan pemilik yang selalu standby di lokasi bengkel. Dalam mengelola keuangan usaha, penting untuk memisahkannya dari keuangan pribadi. Pada tahun pertama, sebaiknya endapkan dulu keuntungan yang Anda dapatkan dari bengkel untuk diputarkan kembali menjadi modal agar usaha Anda berkembang. Di tahun pertama, Anda akan mengalami tantangan dalam mengembangkan usaha bengkel.

Jika Anda merasa kemampuan Anda masih kurang, Anda bisa mempelajari hal tersebut di banyak kursus menjadi pengusaha atau mekanik sepeda motor yang tersedia baik secara offline maupun on-line. Anda juga bisa memilih layanan yang Anda sediakan berdasarkan kemapuan Anda dalam melakukan service tersebut. Dalam menentukan lokasi usaha bengkel motor pastikan terlebih dahulu pangsa pasar yang hendak anda bidik. Misalkan sobat membidik pasar mahasiswa maka anda harus membuka usaha bengkel motor di sekitar kampus atau kost-kostan mahasiswa. Jika pasar yang dituju adalah masyarakat biasa maka sobat bisa mendirikan bengkel umum, bengkel tune atau bengkel resmi sepeda motor di dekat perumahan warga di daerah setempat.

“Sebelum menyalurkan dana, kami lakukan penilaian dahulu, apa betul penerima bantuan nanti bisa memanfaatkan dana itu sebaik mungkin untuk meningkatkan usaha dan kesejahteraannya,” katanya. “Total dana yang sudah saya dapatkan sejak 2015 sampai sekarang itu Rp15 juta, dan memang pengembaliannya bersifat kekeluargaan, asal jelas,” katanya. Kegigihan Tukiman dalam menjalankan usaha bengkelnya ternyata dilirik oleh departemen Community Development atau Pengembangan Masyarakat PT Riau Andalan Pulp and Paper . Jadi jika ada yang berminat jangan ragu untuk menghubungi kami sesuai hari dan jam kerja.

Jadi, bukan tidak mungkin membuka bengkel spesialis AC dan cuci darah. Seperti Dokter Mobil, lalu kenapa sobat otomotif tidak join saja dengan Dokter Mobil? Dengan begitu sobat otomotif tidak perlu mengkhawatirkan terlalu banyak aspek-aspek kecil mendetail.

Comments are closed.