Peluang Bisnis Bengkel Service Ac Mobil

Peluang Bisnis Bengkel Service Ac Mobil

Jika tertarik untuk memulai usaha bengkel, dijelaskan oleh Marketing Manager PT Panca Jaya Setia , Teguh Setiawan, bujet yang mesti dikeluarkan sebetulnya relatif. Dalam artian, bujet untuk memulai usaha bengkel sendiri tergantung dari layanan bengkel apa yang ingin diberikan. Kemudian, 10 pelanggan per hari dengan 3 karyawan itu termasuk sedikit. Idealnya setiap karyawan bisa melakukan servis ringan 5-7 motor per hari.

Hindari memilih reseller, biasanya harga dari reseller mempunyai selisih lebih tinggi dibandingkan provider langsung. Akan tetapi Anda harus mempersiapkan dana lebih karena untuk membeli suku cadang pada provider langsung mereka mempunyai minimal pembelian yang lebih besar dibandingkan provider agen. Pemikiran itu bisa dipertimbangkan, apabila Anda sudah mempunyai pelanggan yang banyak sebelumnya dan pelanggan yang sudah mengetahui kelebihan dari layanan Anda. Untuk pemula, pilihan tempat tinggal sebagai lahan usaha bisa saja memiliki risiko lambatnya pertumbuhan dari bisnis.

Mekanik dan juga staff bengkel resmi akan mendapatkan pembekalan latihan. Sehingga kemampuan dan kualitas staf serta mekanik akan sesuai standar. Contoh untuk bengkel motor resmi misalnya AHASS Honda, Yamaha, dan sebagainya. Dikatakannya, selama Virus Corona atau COVID-19 mewabah di kota seribu sungai ini pelanggan yang biasanya melakukan perawatan sepeda motor sudah mulai jarang.

Usaha bengkel

Oleh karena itu carilah supplier yang memberikan harga terbaik namun kualitas barangnya bagus. Jika harga yang Anda dapat lebih murah, tentu biaya operasional rendah. Dengan begitu servis Anda lebih terjangkau dari kompetitor namun kualitas tetap terjamin. Keuntungan yang tipis menyebabkan pengembangan usaha pun akan tersendat. Keuntungan yang diperoleh hanya cukup untuk membayar pegawai serta biaya operasional saja. Order lainnya adalah jasa las untuk perbaikan mesin atau mekanik kendaraan sebagai pesanan para pengusaha atau pemilik kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Tapi sebaiknya cara ini Anda lakukan jika dirasa usaha Anda sudah lumayan besar dan banyak pelanggannya. Peran mekanik ini cukup krusial bagi kamu yang membuka usaha bengkel motor. Dengan kejujuran dan profesionalitasnya, pelanggan bakal datang lagi ke bengkel kamu buat servis. Berikut ini daftar biaya operasional yang harus kamu ketahui untuk membuka usaha bengkel motor.

Setelah memperoleh aneka suku cadang yang akan disediakan di bengkel Anda, sediakan juga tempat untuk memajangnya. Jumlah dan jenis barang yang tidak sedikit akan membuat Anda atau karyawan bingung mencari. Di samping itu, kelola sparepart dengan baik untuk menghindarkan kerugian karena barang hilang. Misalnya membuat layanan antar jemput kendaraan atau servis di tempat.

Tentukan untuk memilih lokasi usaha yang sekiranya strategis, dan kalau bisa kompetitornya belum banyak. Karena jika sudah banyak usaha sejenis ditempat tersebut, persaingannya akan sangat berat. Karena biasanya bengkel lama telah punya pelanggan tetap dan lebih dulu dikenal di space tersebut. Setiap usaha tentu membutuhkan modal, modal sendiri tidak hanya modal uang saja tetapi juga modal waktu, modal tenaga dan modal pikiran untuk memulai dan menjalankan bengkel motor. Untuk sebuah bengkel motor baru tentu membutuhkan beberapa remedy khusus untuk menari para pelanggan dan memberikan rasa percaya pada mereka untuk bisa datang kembali ke bengkel. Mendirikan bengkel motor sendiri tidak membutuhkan tempat yang luas dan juga peralatan yang lengkap.

Comments are closed.