Belajar Apa Saja Saat Kuliah Hukum? Perhatikan Ini Dulu!

Belajar Apa Saja Saat Kuliah Hukum? Perhatikan Ini Dulu!

Mahasiswa dapat menyelenggarakan kegiatan seminar, mulai dari membuat makalah, mempresentasikannya dan mempertahankannya dimuka kelas. Mempelajari dinamika jurnalisme baik dari aspek isi media massa maupun dari aspek kepentingan masyarakat dan negara. Pemberitaan yang berhubungkait dengan menggerakkan masyarakat berperan serta secara aktif, kreatif dan konstruktif dalam upaya pembangunan nasiona, teknik pemberitaan untuk pers pembangunan, permasalahan-permasalahan dalam jurnalistik pembangunan serta pemecahannya.

Mempelajari politik Indonesia

Peran strategis kalangan muda terpelajar ini, telah dibuktikan sejak era kebangkitan nasional tahun 1908 hingga era reformasi tahun 1998. Di tengah tantangan perubahan yang membawa tata laku dan tata nilai baru, kalangan muda terpelajar harus mampu membekali dan membentengi diri dengan wawasan kebangsaan yang kuat. Tanpa dibekali hal tersebut, generasi muda akan mudah terhanyut dan terbawa derasnya arus perubahan yang sarat dengan semangat kebebasan dan keterbukaan. Generasi muda, utamanya para mahasiswa, harus mampu memilih dan memilah tata nilai baru yang tidak sesuai dengan identitas dan jati diri bangsa yang bercirikan semangat gotong royong.

Negara Indonesia adalah negara yang secara kelembagaan berbentuk sekuler tetapi secara filosofis mengakui eksistensi agama dalam kehidupan bernegara. Bahkan agama sebagai dasar negara secara eksplisit disebutkan dalam pasal 29 ayat 1, yakni “Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa”. [newline]Berdasarkan sila pertama Pancasila dan pasal 29 inilah sejumlah ahli hukum tata negara, seperti Ismail Suny, mengatakan bahwa sistem ketetanegaraan Indonesia mengakui tiga bentuk kedualatan, yakni kedaulatan rakyat, kedaulatan hukum dan kedaulatan Tuhan. Namun hanya dua kedaulatan yang diakui resmi dan diwujudkan dalam bentuk lembaga negara, yakni kedaulatan rakyat dalam bentuk Dewan Perwakilan Rakyat dan kedaulatan hukum dalam bentuk Mahkamah Konstitusi . Sekularisasi politik juga terjadi dalam konteks modernisasi politik di negara-negara berkembang, termasuk di negera-negara Muslim. Dalam kaitan dengan halini Donald Eugen Smith beberapa dekade lalu mengatakan, bahwa sebenarnya sekularisasi politik dan pelibatan agama dalam politik ini berjalan secara simultan.

Sebab partai politik atau parpol sendiri memang menjadi wadah untuk menampung aspirasi dari anggota dan masyarakat luas. Kurang cocok untuk yang tidak suka berdebat dan berdiskusi, sebab mahasiswa ilmu politik nyaris setiap hari melakukan presentasi di depan kelas, berdiskusi, dan berdebat. Tidak hanya bisa berkarir di dunia politik pasca lulus namun bisa di instansi pemerintah, media, akademisi, aktivis masyarakat, dan lain-lain. Berhubung di jurusan ini akan mempelajari teori politik dan membahas berbagai masalah politik di banyak negara. Persoalan utama dalam negara yang tengah melalui proses transisi menuju demokrasi seperti indonesia saat ini adalah pelembagaan demokrasi. Yaitu bagaimana menjadikan perilaku pengambilan keputusan untuk dan atas nama orang banyak bisa berjalan sesuai dengan norma-norma demokrasi.

Salah satunya adalah bertemu dengan para pengelola partai politik, termasuk petinggi dari partai tersebut. Namun seiring berjalannya waktu, aspek yang akan kamu pelajari di studi ilmu politik pun akan meluas. Belajar politik tak hanya belajar tentang bentuk negara, tetapi juga masyarakat beserta kepentingan di dalamnya. Mulai dari gender, politik identitas, hubungan antara negara dan agama, dan masih banyak lagi. Dalam jurusan ilmu pemerintahan kamu akan mempelajari dari teori-teori ilmu pemerintahan untuk menjelaskan fenomena dalam pemerintahan, lalu kamu akan mempelajari permasalahan organisasi, administrasi, manajemen,kepemimpinan dalam penyelenggaraan organisasi publik atau badan-badan publik seperti lembaga legislatif, yudikatif, dan eksekutif.

Comments are closed.